Minggu, 07 Juni 2015



JAWABAN SOAL UJIAN MASALAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA
1.    Apa yang anda ketahui mengenai pembelajaran pemecahan masalah ?
    Jawaban :
Pembelajaran pemecahan masalah merupakan suatu pengajaran pada siswa bagaimana memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam pembelajaran. Dimana siswa diberikan strategi tentang pemecahan masalah untuk mencapai sebuah tujuan dari pembelajaran itu sendiri. sehingga nantinya siswa akan paham betul mengenai konsep dari sebuah materi. Pembelajaran pemecahan masalah akan menjadikan siswa berpikir kritis dan aktif dalam menyikapi sebuah permasalahan dalam pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran pemecahan masalah tidak lagi hanya mementingkan kecakupan materi pembelajaran saja, karena dalam pembelajaran pemecahan masalah ini lebih cenderung ke arah konsep atau strategi nya, bukan hanya sekedar penyampaian materi saja.

2.    Buatlah satu contoh soal pemecahan masalah sesuai pembagian materi yang anda dapat di perkuliahan masalah pembelajaran matematika. Berikan juga contoh alternatif solusi pengajaranya.
Jawaban :
Contoh soal pemecahan masalah matematika dengan materi bangun ruang (kubus dan kerucut)
Soal 1.  Dari gambar bangun ruang kubus ABCDEFGH dibawah ini tentukan :
a.       Diagonal ruangnya
b.      Diagonal sisi, dan
c.       Bidang diagonalnya.
Ø Alternatif solusi :
Dengan pembelajaran pemecahan masalah kita dapat memberikan sebuah media bangun ruang kubus yang dibuat menggunakan kayu atau sebagainya. Sehingga nantinya siswa dapat mencari sendiri mana yang disebut diagonal ruang, mana itu diagonal sisi dan yang mana bidang diagonalnya.
Dalam pembelajaran pemecahan masalah guru hanya sebagai fasilitator dan siswa aktif mencari sendiri, guru bukanlah sumber satu-satunya dalam pembelajaran, sehingga guru hanya memberikan arahan dan intruksi untuk memancing siswa mencari tahu sendiri jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi, mungkin terlebih dahulu guru memberikan ulasan materi agar sisiwa tidak terlalu buta akan materi bangun ruang ini sehingga nantinya siswa akan tertarik.
Nah setelah siswa selesai memecahkan jawaban dengan menggunakan media tadi, guru bisa mencocokan jawaban siswa di muka kelas secara bersama-sama agar siswa tahu jawabanya salah atau benar, jika salah mereka akan tahu dimana kesalahanya. Guru sambil membetulkan jawaban yang salah dan menerangkanya sehingga dalam proses pembelajaran ini terjadi feed back dan bermakana karena siswa menemukan sendiri pemecahan masalah yang sedang dihadapi dalam pembelajaran ini.

Soal 2. Untuk materi kerucut
Sebuah kerucut memiliki jari-jari 7cm dan tingginya 9 cm. Hitunglah volume kerucut tersebut!
Ø Alternatif solusi jawaban :  disini, siswa biasanya tidak hafal akan rumus dari volume kerucut, sehingga kita sebagai seorang guru harus mampu memberi alternatif solusi bagi mereka, disini saya membuat sebuah jembatan keledai untuk mempermudah penghafalan rumus volume kerucut tersebut. Dengan menggunakan jembatan keledai, maka akan mempermudah siswa mengingat rumus dengan cepat. Kita dapat membuat jembatan keledai dengan sesuka hati dan sekreatif mungkin agar menerik dan mudah untuk diingat siswa.


Text Box: Seperti iga sapi rasa kuah tahu.

Text Box: 1/   Jembatan keledai untuk rumus volume kerucut =
1/  







Namun, sebelum siswa dikenalkan dengan rumus praktis seperti ini, siswa harus di beri konsep tentang kerucut secara matang, sehingga siswa dapat menerapkan rumus jembatan keledai tadi dengan benar. Dan selanjutnya siswa bisa mengerjakan soala tersebut dengan mudah tentu saja.
Tinggal memasukan rumus nya dan menjumlah atau mengurang dan membaginya.

3.    Apa yang anda ketahui tentang pembelajaran PMRI di SD?
Jawaban :
Adalah pembelajaran yang bertitik tolak pada hal-hal yang riil dalam dunia nyata siswa atau yang dialami siswa, dan menekankan keterampilan dari sebuah proses pembelajaran, sehingga terjadi umpan balik antara siswa dan guru. Pada pembelajaran PMRI ini siswa menjadi aktif untuk mencari sumber belajar selain guru. Dalam pembelajaran PMRI ini kebermaknaan dari suatu proses pembelajaran akan terjadi sehingga siswa akan lebih memahami tentang konsep dari sebuah materi ajar, karena pada proses pembelajarannya dikaitkan dengan kehidupan nyata siswa itu sendiri sehingga mereka akan lebih paham.
Hal itu menjadi pertimbangan kareana mengingat usia anak SD adalah masih dalam tahap operasional kongkrit yang mana anak masih belum bisa menerima atau menterjemahkan hal-hal yang bersifat abstrak, sehingga seharusnya untuk anak usia SD mereka di diberikan materi dan dikaitkan dengan hal-hal yang riil atau benar-benar ada di dunia mereka sehingga proses pembelajaranya akan lebih bermakna.


4.    Berikan contoh penerapan pembelajaran PMRI pada salah satu materi di SD.
Jawaban :
Contohnya pada saat proses pembelajaran matematika, materi bangun ruang.
Pada saat menjelaskan pada siswa guru memberi contoh hal yang riil pada siswa seperti dengan membuat media misal kubus. Dan bisa juga dengan memberi contoh yang lain yang ada di sekitar mereka seperti tempat kotak kapur, guru bertanya pada siswa ini bentuknya seperti bangun ruang apa anak-anak ? , nah setelah mereka menjawab misal kubus buk, nah dengan memberi mereka contoh nyata dari kehidupan mereka maka pemhaman mereka akan lebih mendalam, setelah itu guru menjelaskan bagian-bagian dari kubus dan dikaitkan dengan kotak kapur tadi yang berbentuk kubus.

5.    Dalam bayangan dan rencana anda, inovasi apa saja yang nantinya akan anda lakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan pembelajaran di SD, khususnya pembelajaran matematika?
Jawaban :
Iinovasi yang akan saya lakukan untuk mengatasi berbagai persoalan dalam pembelajaran matematika adalah dengan menjadikan matematika pembelajaran yang menyenangkan dan menarik, karena selama ini matematika dianggap sulit dan membosanka. Sehingga saya sebagai calon seorang guru akan membuat inovasi agar matematika menjadi menarik, dengan cara mengajar dengan menggunakan trik-trik khusus agar siswa cepat paham bisa menggunakan jembatan keledai, media pembelajaran, tidak hanya sekedar memberikan materi tetapi saya juga akan mempertimbangkan tingakat kemampuan dan tingakat kematangan konsep matematika dari materi yang saya berikan nantinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar